Monday, November 27, 2023

Misteri Hutan Batu: Novel Anak Tentang Misteri dan Petualangan Tiga Sekawan


Apa sih manfaat membaca cerita misteri bagi anak?

Di zaman ini dimana gadget menjadi teman bermain, buku menjadi kurang menarik bagi anak. Tapi banyak juga orang tua yang tetap menumbuhkan minat baca anak dengan mendongengkan sebelum tidur, atau berlangganan buku-buku anak dengan ilustrasi dan cerita yang menarik. Mulai dari yang bertema agama, sekolah dan keluarga. Lalu dari sekian banyak buku dengan tema yang aman-aman saja, mengapa perlu membaca buku misteri? Bagaimana jika anak tumbuh jadi penakut? Oh no! 

Cerita misteri menjadi suatu daya tarik sendiri untuk anak. Seperti yang kita sadari bahwa anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, dan buku misteri bisa jadi langkah awal untuk menumbuhkan kecintaan mereka pada budaya membaca. Rasa ingin tahu akan membuat mereka bertahan pada bacaan dan melatih fokus mendata informasi. Selama mengikuti alur cerita beragam pertanyaan dan prediksi akan muncul sebagai upaya menebak endingnya. Di sini terlihat bahwa skill dalam pemecahan masalah atau problem solving yang tentunya terkait dengan kemampuan berpikir kritis akan terlatih. Bonusnya, ketika merasa jawaban atau tebakan mereka benar maka secara alami rasa percaya diri menguat dalam diri anak. Lalu bagaimana jika salah tebak ending? Apa mereka akan down dan sedih? No, kemungkinan besar justru terjadi refleksi dan anak jadi belajar untuk berpikir dan memandang masalah dari beberapa sudut pandang. 

Tentang Buku Misteri Hutan Batu

Nah kali ini, hasil gentayangan di iPusnas nemu seri Petualangan Jack Bolin yang ditulis oleh Witaru Emi. Sebuah novel anak yang bertema misteri dan petualangan. Review seri pertamanya yang berjudul Misteri Hantu Merah aku tulis di Paberland ya, baca aja. Nah buku Misteri Hutan Batu ini adalah petualangan kedua dari Jack dan dua sahabatnya yakni Lin dan Bobol dalam mengungkap misteri yang terselubung di Hutan Batu. Bab pertama novel ini menurutku oke banget dalam mencuri perhatian anak untuk lanjut membacanya.

Petualangan Jack, Bobol dan Lin kali ini adalah mengungkap misteri mengamuknya sosok Suminten di Hutan Batu. Pertemuan pertama Jack dengan Suminten meninggalkan rasa penasaran di kepala jack. Ia beberapa lama terus bertanya-tanya apakah Suminten adalah hantu atau bukan. Memanfaatkan rasa penasaran Jack, Lin membuat sebuah ‘jebakan’ agar Jack ikut serta dalam Lomba reog mewakili sekolah mereka. Tentu Jack sempat protes namun akhirnya ia menikmati menjadi tokoh Prabu Kelana Sewandana dalam pertunjukan reog yang unik itu. 

Pada petualangan kali ini, Bobol dan hewan peliharaannya mengambil banyak peranan. Tentu, karena salah satu sahabatnya yaitu Miri si tikus tinggal di Hutan Batu. Namun menjadi masalah ketika ternyata bukan hanya Miri yang bersembunyi dalam tumpukan batu di Hutan Batu. Ada hal lain yang tersembunyi di sana, berbahaya dan merugikan.

Misteri semakin menuju titik puncak ketika Bobol tidak mendapati Miri di dalam lubang batu tempat tikus itu tinggal. Sebagai gantinya, ada sebuah tas bayi mencurigakan di sana. Curiga bahwa tebakan mereka mengenai penyebab remaja teler selama ini benar, tiga sekawan itu setuju untuk menyelinap ke hutan. Sampai pada akhirnya ketika tiba di gua yang biasa ditinggali Suminten, mereka menemukan alasan mengapa sosok Suminten yang semula tenang sekalipun adalah ODGJ (Orang Dalam Gangguan Jiwa) berubah menjadi berbahaya. 

Jack, Bobol dan Lin pada akhirnya berhasil mengungkap semua misteri Hutan Batu. Di tengah kesibukan mereka mengungkap segala yang tersembunyi di hutan itu, pertunjukan reog kelompok mereka tetap menjadi prioritas. Jack yang awalnya merasa dijebak untuk menjadi anggota kelompok reog Menyura Pethak nyatanya malah menemukan ide brilian dengan atraksi sains yang menjadikan pertunjukan reog mereka unik dan menuai pujian. Namun apakah itu cukup untuk menjadi pemenang? Sedangkan lawan mereka adalah grup Reog Singo Mukti yang selalu menjadi pemenang tiga tahun berturut-turut. Jawabannya menunggu untuk ditemukan dalam buku seri petualangan terbitan Kanisius ini.

Mengapa buku ini menarik bagi saya? 

Seri petualangan dan misteri memancing rasa penasaran. Bukan hanya untuk anak, saya pun menyukai genre ini. Sekalipun ini novel anak, banyak sekali pengetahuan tentang budaya yang saya pelajari di sini. Terutama tentang kisah dibalik gerakan tari reog yang merupakan kisah Prabu Kelana Sewandana yang hendak mempersunting putri Dewi Sanggalangit. Jujur, ini hal baru bagi saya. Sebelumnya saya tahu ada tarian bernama tari reog, namun kisah dibaliknya baru saya tahu dari buku ini. 

See? cerita anak lebih dari sekedar cerita. Di dalamnya anak-anak diajak berpetualang, mengenal budaya sendiri, belajar tentang persahabatan dan kerja keras. 

Hal yang saya suka disini adalah penggambaran tentang bagaimana Jack melihat kelebihan grup reog lain yang merupakan saingan dalam lomba. Ia dapat memberi penilaian yang jujur akan kelemahan-kelemahan kelompok reognya namun disatu sisi tidak menyerah untuk berlatih. Sebaliknya, dengan memanfaatkan pengetahuannya akan sains ia justru berusaha mencari cara lain agar penampilan reog mereka menjadi paling unik dan dikenang. Di sini anak-anak bisa belajar bahwa dalam lomba bukan hanya kemenangan yang dituju, namun kerjasama tim, kerja keras dan sikap ‘nrima’ akan menjadikan seseorang bisa terus berkembang. Wuih, baca ini daku menang banyak, hihi.. 


Tentang Buku

Judul        : Misteri Hutan Batu (Seri Kedua Petualangan Jack Bolin)

Penulis     : Witaru Emi

Editor       : Cicilia Heni

Ilustrator  :  Hardanti Putri

Penerbit    : PT Kanisius (Edisi elektronik 2022)

Tebal         : 122 Halaman


5 comments:

  1. Ah thank you bangeeeet Kak Win ! anak anak suka misteri, sejauh ini masih lewat TV aja.. semoga nih bisa lebih luas imajinasinya lewat novel ini hehe..

    ReplyDelete
  2. akhirnya nemu novel yg rekomen buat bacaan anak anak..

    ReplyDelete
  3. Makasihhh referensi bukunya kak.

    ReplyDelete
  4. Buku dengan seri petualangan memang tak dapat dipungkiri dapat menaikkan rasa penasaran yang tinggi

    ReplyDelete
  5. Asli, anak-anak emang suka banget cerita misteri.

    ReplyDelete