Thursday, November 23, 2023

Apakah Masih Ada Orang Ngeblog di 2024?

Terakhir saya mendongeng di blog ini adalah pada tahun 2015 lewat postingan cerpen Aroma Ibu yang kala itu saya ikutkan pada event Storial.co, sebuah platform menulis yang sayangnya sudah tutup permanen. Dan sekarang setelah 8 tahun saya kembali ngeblog. Mengapa?

Mengapa masih mau ngeblog ketika justru banyak orang mulai meninggalkan dunia blog untuk migrasi menjadi Youtuber atau Tiktoker? Bahkan ada ulasan artikel mengenai alasan-alasan mengapa sebaiknya berhenti menulis blog. Blog sudah mati. Sudah tiada, sudah innalillah! Dan beberapa bahasan betapa sudah tidak zamannya lagi nulis blog. Artikel-artikel itu cukup membuat down dan pesimis.

Tapi hei! saya tentu tidak akan berhenti pada satu artikel. Tulisan blogger senior sekaligus penulis cerita anak Dewi Rieka ini jadi motivasi untuk kembali nulis blog. Tak cukup satu, penyemangat lain dari blogwalking ke tulisan di blog Mama Dudu juga membuat semangat kembali menyala. Bahkan beberapa artikel bertebaran di medium dengan bahasan betapa ngeblog di 2024 masih memiliki potensi dan peluang yang bagus untuk bersinar.

Jika tujuan ngeblog untuk mendapat penghasilan lewat google adsense mungkin memang akan butuh effort yang extra. Hal ini karena perlu memenuhi persyaratan adsense dan kudu juga menghadapi persaingan dengan media besar.Tentunya, media media ini sudah punya juru kunci dan dukun SEO yang mahir. Lalu semua itu jika dibandingkan dengan pemula yang baru netes, ya you know la… Tidak salah juga sih jika dalam artikel yang saya baca itu memberikan saran untuk jangan ngeblog.

Tapi kenapa malah lanjut ngeblog? kenapa malah beberes di blog ini dan buat postingan-postingan baru? Alasannya? Karena saya suka nulis. Blog ini telah jadi teman buang kata sejak 2010. Sebenarnya banyak tulisan amit-amit yang saya umpetin lagi ke draft, hehehe… malu aja itu tulisan kan lahir dari zaman muda bin labil bin lebay. Jadi, biarkan saja mereka tenang di dalam draft. Tanpa sinaran publikasi hihi.

Saya memang dan mungkin akan selalu menyukai menulis. Saat memutuskan untuk kembali ngeblog, saya sempat bertanya pada google dengan kata kunci ini

Apa blogspot masih ada?

Apa orang masih akan ngeblog di tahun 2024?

Jujur, selama rentang waktu 8 tahun saya memang tidak menulis lagi di blog ini. Jadi saya khawatir jika Blogspot tutup atau tergantikan dengan platform lain. Tapi syukurlah, blogspot masih ada. Masih aktif.

Semangat itu menyala kembali, jikapun blogspot sudah tidak ada saya sempat ingin memulai dari awal semuanya, membuat blog baru di platform lain. Tapi karena ternyata blogspot masih ada ya, lanjut saja dengan blog pendongeng kata ini.

Pengalaman Ikut Kelas Ngeblog Pemula #5 oleh Wulan Kenanga

Untuk mulai lagi, saya juga ikut kelas Ngeblog Pemula #5 yang dimentori kak Wulan Kenanga seorang freelancer dan penulis novel. Saya memulai kembali untuk belajar dari awal, dengan niat ngilmu karena sekalipun saya sudah mulai ngeblog sejak 2010, banyak waktu yang telah terlewat tanpa menulis atau mengurus blog. Kelasnya oke, tanpa zoom hanya melalui grup Whatsapp. Materi berupa modul tutorial dan video juga feedback mengenai tampilan dan isi blog kita. Di sini bertemu dengan teman-teman pemula, tapi ada juga yang nampaknya sudah pernah nulis blog sebelumnya. Mungkin kayak saya ya, mau ngilmu buat bekal ngeblog di 2024. Ada sekitar 80 peserta kelas ini. Artinya ada sekitar 80 orang yang masih bersemangat memulai dan mungkin lanjut untuk nulis blog. Oho, dan catat pula bahwa kelas yang saya ikuti adalah part ke-5 so artinya, sebelum-sebelumnya sudah ada alumni dari kelas ini. See? Bisa jadi ratusan orang sedang merintis blog mereka untuk 2024.

Beberapa link blog mereka saya jadikan sebagai rute blogwalking. Ikut kelas ini memberi dampak positif untuk saya, selain menambah semangat, lumayan ningkatin view lah ke postingan blog hehe.Berkat ini juga saya mulai merapikan blog, membuat menu navigasi sederhana dengan contact yang terisi. Saya memang harus belajar lagi. Tak apa. Saya suka. Sekalipun dibilang sudah tak zaman untuk ngeblog, saya akan masih di sini.

Selain itu, beberapa tips dan trik blogging di Medium menjelaskan bahwa Blogging is still profitable in 2024. Untuk memaksimalkannya, tentu harus belajar dan perluas jangkauan pembaca. Salah satu PR juga sih, yakni menulis konten dengan bahasa Inggris. Kalau mikir ini jadinya langsung ngelirik AI, tapi tentu yang ditulis dengan hati akan berbeda dengan yang ditulis mesin pintar. Selain kelas ngeblog, bisa jadi saya akan bergabung dengan kelas Bahasa Inggris. hehe… Who knows, ya kan?

1 comment:

  1. semangat ngeblognya, kak. sama-sama pejuang blogging ya kita hehe

    ReplyDelete