Thursday, November 15, 2012

Samer Ismail (pemeran Umar Bin Khattab di serial Omar)

Hehehe..Akhir-akhir ini, *sebenernya dari Ramadhan kemaren se.. tumben-tumbennya saya “crazy” nonton program TV kita. Yup... awalnya saya mencari ide melawan godaan tidur setelah sahur. Pencet-pencet remote TV, akhirnya bertemu  Omar (serial kolosal Umar ibn Khattab) di MNC TV.  Saya pun langsung khusyuk dan in awe dengan dialog-dialognya.  
Poster Serial Omar
Sebelum-sebelumnya saya sendiri memang suka kepribadian Umar Bin Khattab dalam kisah para sahabat Rasulullah. Dalam kisah para sahabat beliau digambarkan sebagai sosok yang tangguh, kuat, berani, tegas namun hatinya lembut. Sejak dulu sy punya bayangan tentang sosok beliau 

Nah ditambah nonton serial Omar saya jadi semakin suka. Dari serial itu saya jadi lebih tahu mengenai Abdullah ibn Mas’ud si gembala. Juga agak lucu dengan keluarga Suhail (Abu jandal bin Suhail dan Abdullah bin Suhail). Terutama adegan Abdullah bin Suhail berbicara dengan Umar ketika sedang gundah antara terang-terangan menganut islam di depan sang ayah atau bersembunyi karena tak enak hati melawan ayahnya. 

Umar waktu itu belum islam tapi dialognya nancep abis!
“Jika kau memilih Muhammad karena keyakinanmu maka aku akan menganggapmu lawan yang akan kuhormati dan kusegani, namun jika karena ketakutanmu kau tetap disisiku maka aku akan menganggapmu teman namun akan selalu kurendahkan”.
Baiklah sebaiknya kita langsung membahas sedikit tentang pemeran Omar.

Samer Jamal Ismael (Samer Ismail)

Kalau dilihat mukanya yang tertutup jambang di serial Omar, saya tidak menyangka umurnya baru 27 tahun. Denger-denger actor ini actor baru, berkebangsaan Suriah. Lahir di Al Riyadh, Saudi Arabia pada tanggal 8 Juli 1985, and.. katanya still single.. *hehe.

sebelum dan sesudah 'berubah'
wajah asli Sameer Ismail
Dia lulusan “Higher Institute of Dramatic Arts” (Damascus). Ayahnya seorang painter, dan dia empat bersaudara “we are 3 guys and 1 girl” katanya ketika di wawancara. Setelah ubek-ubek google dan berusaha meyakinkan diri, saya menemukan akun twitter Sameer Ismail yang digadang-gadang asli  karena pada sebuah sesi wawancara dia memang mengatakan akan membuat akun twitter. Mau nyoba tes? Kalo mau cek di @j_ismaeel.

Agak susah mengumpulkan informasi tentang Sameer, mungkin karena artis baru so memang tidak banyak rangkuman tentang dia sebelum wawancara-wawancaranya terkait serial Omar. Dalam wawancaranya dia bercerita bahwa ia sama sekali tidak menyangka jika role Omar akan jatuh padanya. Tapi ketika sang direktur yakni Hatem Ali menunjuknya untuk memerankan Omar, perasaannya campur-campur antara senang, semangat, gugup, gelisah hingga susah tidur. ini dikarenakan Sameer sangat paham bahwa peran Umar Bin Khattab adalah beban tersendiri. Sebelumnya entah bercanda atau tidak, tapi dalam wawancara dia bilang dia mempersiakan diri untuk berperan sebagai Wahshi (Budak yang akhirnya membunuh paman Rasulullah-Hamza-). Selama syuting dia banyak berkonsultasi dengan Ghassan Massoud (actor yang berperan sebagai Abu Bakr.)  Jadi ia paham benar bahwa sebagai actor baru, sepatah atau dua patah nasehat dari actor kawakan akan membantu meningkatkan kualitas actingnya :)

Direktur dan dia katanya membuat perjanjian bahwa ia harus menunggu 2 tahun untuk kembali bermain di film lain. Ini dimaksudkan  untuk memberikan masa jeda untuk para penonton agar “lupa” tentang sosok Umar yg dia perankan. Soalnya image Umar kadung melekat dalam dirinya jadi dikhawatirkan kalau dia bermain film aneh-aneh takutnya malah merusak image Umar bin Khattab yang asli. But Sameer sendiri berjanji akan selektif untuk peran-peran selanjutnya.

Perlu kalian tahu ya, suara Umar bin Khattab dalam film itu bukan suara asli Samer. Suara itu di dubbing, yang punya suara asli adalah actor Jordania bernama Asaad Khalifa. Mengapa dubbing? Pertimbangannya didasarkan beberapa hal, salah satunya untukt mencocokkan usia Umar dengan suaranya. Sameer kan masih muda, sedangkan dalam serial Umar umurnya 60 tahun, kalau orangnya tua tapi suaranya muda akan terdengar aneh. 

Katanya Samer sempat kecewa ketika tahu bahwa suaranya akan di dubbing. Dia berpendapat bahwa sebagai seorang aktor, suara menjadi salah satu alat yang menunjukkan kekuatan peran yang dimainkan. But at the end dia respect dengan keputusan  Hatem Ali

Ada beberapa list nama pemain yang saya tahu, mungkin ada yang berminat untuk lebih mengulasnya sendiri.

  • Abu Bakr (Ghassan Massoud)
  • Umar Bin Khattab (Samer Ismail)
  • Usman Bin Affan   (Tameer Arbeed)
  • Ali bin Abu Thalib  (Ghanem Alzerla)
  • Hamzah  (Mohammad Miftah)
  • Bilal (Faysal Amiri)
  • Abdullah bin Massoud (Jaber Jokhadar)
  • Zaid bin Khattab (Mahmoud Nasr)
  • Abu Jandal (Majd Feda)
  • Khalid Bin Walid (Mehyar Khaddour) -- aku tulis di sini
  • Wahsyi Bin Harb  (Ziad Touat)
Daftar sumber:
Sumber 1
Sumber 2
Sumber 3

19 comments:

  1. Cakep! thanks infonya

    ReplyDelete
  2. I love him as Omar in Omar series... and now i am currently searching more about Sahabah after watching this TV series.. Abdullah ibn mas'ud, Abu hudzaifah bin utbah, Salim maula abu hudzaifah, Zaid bin khattab dll.

    ReplyDelete
  3. I'm wait ur story about them soon.... ^^"

    ReplyDelete
  4. haduh kok saya dak tau ya ada tv series teng Umar radiiyallahu'anhu.....thanks infonya
    salam kenal

    ReplyDelete
  5. jazakumullaah khaiir for this nice info... ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, jazakallah sudam berkunjung :)

      Delete
  6. makasih infonya ^^ tulisanya keren nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi :) rencananya saya ingin nulis tentang pemeran Khalid Bin walid juga :)

      Delete
  7. Ayyuhannas....ayyuhannas... :D ya ahlal makkah :D

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Subhanallah, film serial ini luar biasa, jauh lebih bagus drpd film kolosal barat yg byk adegan ga senonohnya dan ga ada pesan moril nya.
    Saya salut ama yg buat film ini dan semua pihak yg terlibat, sungguh profesional dan perlu diakui make-up artist nya mantab bisa merubah wajah asli para pemerannya menjadi sesuai karakter tokoh yg diperankan, 2 jempol deh utk smua crew film dan artist nya.

    Saya suka banget ama semua tokoh Islam dalam film ini terutama Omar Bin Khattab dan Ali Bin Abi Thalib, tatapan matanya itu loh tajam bgt penuh wibawa dan kharismatik, cool abis ...

    Adegan yg pali saya suka :
    1. Adegan Slow Motion saat Khalid Bin Whalid sambil menghunuskan pedang dan belatinya berlari melompati para pasukan Romawi untuk membunuh pimpinan pasukan Romawi (episode ke 23 menit ke 40)
    2. Adegan Ali Bin Abu Thalib bertarung pedang dan fisik 1 lawan 1 dengan kaum kafir di tengah padang pasir saat memulai peperangan (ada di beberapa episode)
    3. Adegan Slow Motion Omar Bin Khatab sambil menghunuskan pedang berlari maju ke tengah peperangan utk menyerang kaum kafir (episode ke 11 menit ke 35)
    Keren beneeerrrr... salut banget saya terhadap sikap gagah berani dari para Pejuang Allah ini.

    Semoga ada film2 serupa ini ttg tokoh Pejuang Islam yg lain spt ttg Abu Bakar, Utsman Bin Affan, Ali Bin Abu Thlaib, Khalid Bin Whalid dll.

    ReplyDelete
  10. samer katanya sih bakal selektif nerima peran. tapi ramadhan kemarin dia main serial sebagai gangster.

    ReplyDelete
  11. samer katanya sih bakal selektif nerima peran. tapi ramadhan kemarin dia main serial sebagai gangster.

    ReplyDelete
  12. ghassan massoud Keren, disamping perannya sebagai Salahuddin al-ayyubi, peran Abu Bakr adalah yang paling saya ingat
    I am not those men. I am salahuddin, salahuddin

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Mendongenglah...