Sunday, July 14, 2013

SuksesMulia Festival 2013 in Lombok (Mataram)

Kemarin pada tanggal 13 July 2013 saya berkesempatan mengikuti acara festival SuksesMulia yang diadakan di Arena Budaya Universitas Mataram. Acara ini hasil kerjasama #Komunitas SuksesMulia Lombok, #TDA (Tangan Di Atas) Mataram Community dan EO Terbang Tinggi.  Mba Kaktus menawarkan saya tiket dengan harga miring, setelah mencari beberapa informasi tentang event ini di internet saya langsung tertarik.  Saya menjadi lebih tahu tentang Komunitas Sukses Mulia yang merupakan wadah bagi para individu yang ingin mencapai kehidupan terbaiknya. Dimana mereka akan mendapat arahan dan bimbingan dari para trainer keren. Orang-orang di KSM percaya bahwa ketika seseorang di saat bersamaan bisa sukses dan mulia maka itulah kehidupan terbaiknya. *sweet

Nah #Festival SuksesMulia atau FSM ini sendiri merupakan sebuah event festival yang mengkampanyekan gaya hidup Sukses Mulia. Dimana acara ini diselenggarakan secara serentak
di 20 kota di Indonesia, antara lain Jakarta, Medan, Padang, Bangka,Bandung, Cirebon, Solo, Jogja, Semarang, Pekalongan, Surabaya, Malang, Jember, Tuban, Makasar, Samarinda, Banyumas, Lampung, Jombang dan tentu saja di Mataram (Lombok).

Selain ada 200 pembicara dan 10.000 audience, FSM juga disiarkan secara langsung melalui live streaming. Mengapa besar-besaran? Karena ternyata event ini juga bertujuan untuk memecahkan rekor MURI yakni menjadi event seminar satu hari dengan pembicara terbanyak.

Acara yang memiliki jargon Sukses Mulia is My life ini cukup seru dengan panitia gokil dan pembicara-pembicara unik dengan kisah-kisah yang menginspirasi. Di awal acara ada persembahan cantik dari anak-anak Teater Putih FKIP Unram. Sebuah tarian yang diiringi lagu berjudul Losong yang berasal dari Sumbawa. Lagu ini cukup familiar bagi saya, karena semasa kuliah saya juga menggunakan lagu ini untuk menciptakan sebuah tarian sebagai nilai praktik UAS. 
Persembahan tari dari anak-anak Teater Putih FKIP Universitas Mataram
Performance dari anak-anak Beatbox Lombok Alliance juga tidak kalah seru. Rasanya bangga melihat generasi muda Lombok memilih fokus pada minat mereka dan mencoba mengukir prestasi di bidang tersebut. Ini baru keren, daripada mereka kebut-kebutan bikin bising dengan gaya sok-sokan di jalanan. Ok, untuk FYI ya salah satu member Beatbox Lombok Alliance pernah mengikuti Java Beatbox Festival Jogja mewakili Indonesia Bagian Tengah dan berhasil meraih juara 1. *proud of you guys!
Anak-Anak dari Beatbox Lombok Alliance, seru!
Ada beberapa pertanyaan sederhana yang dilontarkan para pembicara dan panitia. Mengenai apa sih konsep SuksesMulia menurut audience.  Ada peserta seminar yang menjawab dengan mantap namun ada juga yang masih bingung. Sebenarnya dalam kepala, saya juga sudah membuat konsep sendiri tentang SuksesMulia. Bagi saya kesuksesan adalah ketika kita mengerjakan apa yang kita sukai dan kegiatan itu tak hanya bermanfaat bagi kita, tapi juga orang lain. Namun orang-orang dari TDA Mataram Community memberikan konsep yang lebih simple tentang SuksesMulia, yakni menjadi orang sukses yang PEDULI. Ya.. karena dasar sukses adalah bagaimana menjadi manusia yang bisa bermanfaat bagi sesama. Dan tentu itu tak akan terwujud tanpa adanya rasa peduli dan berbagi. 

Dua bapak keren dari TDA Mataram Community @tdamataram pun berbagi pengalaman. Banyak inspirasi yang saya dapat dari mendengar kisah pak Anas Amrullah @anasntb selaku Dewan Penasehat TDA. Pak Anas mengungkap bahwa di TDA mereka memiliki visi untuk membentuk pengusaha-pengusaha tangguh dan sukses. Saya tertarik tentang 5 hal yang mereka utamakan dalam TDA yakni silaturrahim, integritas, berpikir terbuka, berorientasi tindakan dan Fun. Jadi bagi kalian yang mau jadi pengusaha sukses TDA merupakan komunitas yang tepat untuk nongkrong. Sekilas saya melihat video pelatihan para calon pengusaha, seru dan menginspirasi.
Pak Anas mewakili TDA Mataram
Peserta lagi serius :)
Sedangkan dari kisah Pak Nasrin yang kini menjadi ketua TDA di Mataram juga tak kalah haru. Beliau bercerita bahwa ketika memulai bisnis Jamu Sasambo (SasakMbojo) ditahun 1993, beliau memulai bukan dari 0 melainkan dari minus 5 sebagai penggambaran bahwa beliau benar-benar tidak punya apa-apa selain niat dan usaha. Pak Nasrin merupakan contoh nyata bagaimana sebuah ijazah tak melulu menjadi tolak ukur kesuksesan. Ia yang hanya memegang ijazah SMP kala itu telah bertekad untuk hidup mandiri tanpa meminta satu sen pun dari orangtuanya. 

Dari ceritanya saya menangkap kunci untuk sukses, yakni fokus. Dan tentu saja tidak menyerah ketika menghadapi gempuran serta cibiran dari mulut nyinyir yang suka bikin gara-gara. Satu lagi, dari Pak Nasrin untuk pertama kalinya saya tahu bahwa ada jamu Sasambo. Biasanya ketika seseorang menyebut jamu, otak saya akan langsung mengingat Jawa. Festival SuksesMulia benar-benar inspiring. Saya jadi bisa melihat dan menemukan hal-hal baru. Selain itu saya jadi lebih cinta Lombok. 

Dari beberapa Stand yang ada di pameran, saya berkunjung ke Stand Rainbow Organization (RO). Mba Kaktus yang saya sebut di atas adalah salah satu dari tiga wanita yang menjadi founder RO yang memiliki tujuan untuk bisa lebih membimbing perempuan untuk dapat mengembangkan potensi dan mampu mandiri secara finansial. 
Bareng Kak Ema (Mba Kaktus)
berpose dikit :p
Wah... nampaknya sekarang kita menjadi tidak punya alasan lagi untuk tak mau bergerak. Tinggal pilih komunitas mana yang sesuai minat. Dan bersiap menjadi salah satu dari orang-orang yang Sukses dan Mulia. Ok semua, selamat bersiap untuk menginspirasi!


27 comments:

  1. Kumpul2 gini memang menginspirasi. Tinggal bagaimana kita action setelah terinspirasi. Dan harus segera, kalau nggak ingin semangatnya "netral" lagi :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. benner banget mas! makanya mesti cepet2 buat sketsa project dan setia ama semangat yang lagi tinggi :)

      Delete
  2. foto gue koq d pajang..hmmm...ntr bnyak fans k ema..:)

    ReplyDelete
  3. gaya hidup sukses ya? Kalo blun suks gmana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau konsepnya KSM se nyaranin gabung ke Komunitas Sukses Mulia jadi ntar di sana bisa dikasi tips gimana kita bisa mencapai kehidupan terbaik kita, yang dalam KSM memuat dua point yakni Sukses dan Mulia. Sebenernya konsep sukses masing-masing orang kan beda-beda ya, ada yang bilang sukses itu kalo uda jadi 'orang' tapi kalo di KSM sukses itu gimana kita bisa bermanfaat buat orang lain. nah.. kalo menurut sukaseo sukses itu gimana? kalo uda punya konsep sendiri berarti kan tinggal fokus meraihnya :)

      Delete
  4. Replies
    1. yup.. seru, ketemu banyak orang dengan kisah unik masing-masing. Kita jadi punya banyak stok point of view dalam mandang hidup. Thanks uda mampir ya :)

      Delete
  5. membaca part fokus jadi nunjuk ke diri sendiri, ah saya jenis yg blum terlalu fokus saat bercita2. Thanks mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. mirip kitanya ternyata, yuuuk mulai sekarang belajar lebh fokus :D

      Delete
  6. di pekalongan dan semarang juga ada kmrn2, cuma aku ga ikutan. hiks :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Next nya mungkin bisa ikutan mba :) Kayaknya tahun depan bakalan ada lagi deh *kayaknya :)

      Delete
  7. acara yg pastinya membawa makna yg mendalam buat audience yg menghadirinya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup... benner pung! tinggal gimana proses makna itu menjadi 'lebih' ketika acaranya sudah selesai :)

      Delete
  8. baru pertama gbung di TDA surabaya dan baru ngeh klo d surabaya sudah ngadain FSM..
    Yaaa.. ketinggalan deh :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. uwaaa. uda gabung ama TDA, saya mah belum.. kayaknya FSM bakalan diadain tiap tahun deh *kayaknya.. soale tahun 2012 maren katanya pernah juga diadain. Kalo merhatiin pola se.. next year bakalan digelar lagi.. mudah-mudahan gak ketinggalan :)

      Delete
  9. Replies
    1. iya Lu, mestinya dikaw bisa dateng tapi skripsi tentu jauh lebih penting. Fighting!

      Delete
  10. Replies
    1. thanks vy.. ditunggu postingan dikau tentang acara/event-event HONDA :)

      Delete
  11. Ini nih Acara yang bikin termotivasi...
    Bukan sekedar hiburan tapi bnyak tips buat jadi org yng berguna bagi org lain...
    Keren.....

    ReplyDelete
  12. Huhu..
    Mbak Ema emang inspiring banget!
    Trus cara gabung ke KSM gmn nda?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ntar tak tanyain say :) jalan-jalan aja dulu ke situsnya di http://www.komunitassuksesmulia.com/. mungkin di sana ada langkah-langkah nongkrongnya :)

      Delete
    2. win...ada yg sebut aku inspiring..hmmm...jadi malu..:)

      Delete
    3. hahaha... tak perlu malu... berterimakasihlah dengan karya.. Go WCPS! Nanti kalau ada event RO yang lain tak review lagi...

      Delete
  13. lg browsing, eh ketemu foto2 di atas..
    salam dari kami UKMF Teater Putih FKIP Unram :)

    perkenalkan saya Syifa'-sekretaris umum TP periode ini.
    salam hangat,
    TEATER PUTIH

    ReplyDelete

Mendongenglah...