Saturday, March 12, 2011

Catatan Bodoh

Banyak hal yang bisa membuat seseorang berubah pikiran. Banyak hal yang dapat membuat seseorang benar-benar menjadi orang yang berbeda dalam sekejap. Entah itu memutuskan menjadi baik atau jahat. Its depends on your heart.
Akan ada beragam pemikiran dalam benakmu. Tumpang tindih dan saling beradu kuat. Berusaha melakukan dominasi atas dirimu. Seberapa kuat hatimu akan menentukan pilihanmu. Menjadi lebih baik atau lebih jahat.

Ada sebuah dialog dalam film yang aku lupa judulnya. “Di dunia ini tidak ada korban, yang ada hanya orang yang dikorbankan”. (scary quote). Ya.. jika bisa memilih, kenapa harus mengambil peran sebagai orang yang dkiorbankan sedangkan kau bisa mengorbankan orang lain?
Tapi untuk bisa mengorbankan orang lain, seseorang terlebih dulu perlu mengeraskan hati. Perlu melatihnya untuk mati. Seseorang harus benar-benar masuk ke dalam peran manusia tanpa hati. Seseorang tidak boleh merasa bersalah, tidak boleh menangis, tidak juga kasihan. Dengan kata lain... di hatimu tidak boleh ada cinta dan kasih sayang.

Boleh aku berpendapat? Aku rasa tidak memiliki hati atau mencoba membunuhnya jauh lebih sakit dibandingkan menjadi korban.. ketika kau menjadi korban kau bisa menangis, kau bisa merasa rasa, dan juga masih bisa berdoa. Bukankah itu menunjukkan kau masih percaya Tuhan? Kau masih punya iman.
Namun orang yang tak punya hati, ia tak punya apa-apa. Ia benar-benar tak punya apa-apa. Ia bahkan tidak bisa menangis karena sudah tak bisa merasakan sakit.Mungkin itu sebabnya beberapa orang memilih untuk dikatakan bodoh, karena ia memilih untuk dikorbankan.
Tapi terkadang aku merasa, pada akhirnya... bukankah yang menyakiti dan disakiti sama-sama menjadi korban? Hmmm...

Mataram, hari penuh asap...2011

No comments:

Post a Comment

Mendongenglah...