Saturday, September 4, 2010

Cinta yang Kusadari pada Kisah Spongebob dan Spatula



Jika kau mau, kuterima kau kembali.

Untukku sendiri tapi,
Sedang dengan cermin aku enggan berbagi

(Chairil Anwar- Penerimaan-)

Spongebob, tokoh kartun dalam serial anak yang sering saya tonton di salah satu chanel TV. Polos dan sedikit konyol namun ia koki yang hebat bagi tuan Crab. Tinggal dalam rumah nanas di kedalaman laut, berteman dengan bintang laut yang –saya sebut tak terdefinisi- Patrick, dan seekor tupai yang ahli karate, Sandy... Ada beberapa episode yang saya sukai. Salah satunya ketika spongebob bermasalah dengan spatula yang selalu ia gunakan untuk memasak patty di restoran krusty milik tuan Crab. Ini ceritanya : 

Spongebob lumayan setia, bahkan untuk sebuah Spatula yang patah jadi dua tatkala ia gunakan memasak.Ketika tuan crab memintanya untuk menggunakan spatula lain, spongebob mengatakan, 

“Hanya ada satu spatula bagiku”. 

Akhirnya sang spatula ia larikan ke rumah sakit. Sementara spatulanya dirawat karena dikatakan tak dapat tertolong, spongebob tergoda pada sebuah spatula canggih yang dipajang disebuah toko. Karena tergoda, spongebob membeli spatula canggih yang baru dengan menghabiskan uangnya bahkan menggadaikan bajunya. 

Dengan gembira ia kembali ke restoran, bersiap bekerja dan memamerkan kecanggihan spatulanya. Namun tatkala akan digunakan di panggangan untuk membuat burger patty, spatula canggih itu meronta dan mengatakan tak sudi menyentuh bahan makanan yang ada di dapur spongebob. Spatula canggih mahal itu melarikan diri setelah menghina spongebob. 

Ketika telah ditinggalkan tiba-tiba ia teringat pada spatula lamanya. Dia merasa menyesal meninggalkannya, ia lalu kembali ke rumah sakit tempat spatulanya di rawat. Namun ketika ia ingin kembali pada spatula lamanya, sang spatula menolak karena merasa kecewa telah ditinggalkan. Spongebob sedih dan menangis pulang ke restoran. Dijalan ia mengingat kenangan bersama spatula lamanya. Saat ia tengah putus asa di dapur restorannya, ia terkejut ketika mendapati spatula lamanya ada di sana. Seperti biasa, seperti tidak pernah terjadi apa-apa.. seperti spongebob tidak pernah meninggalkannya. Lalu? Mereka kembali bahagia selamanya.


Saya suka edisi ini, memaafkan adalah bagian yang manis sekaligus sulit. Spatula itu memiliki hati yang cukup tangguh untuk memaafkan . Apa yang menyebabkannya mau kembali dan menerima spongebob kembali setelah ditinggalkan? Jawabannya mungkin cinta.. 

Mulai lagi dari awal.. itu yang mungkin spatula itu tawarkan pada spongebob dan……. juga pada dirinya sendiri..namun yang penting dari semua ini adalah spongebob menggunakan kesempatan keduanya dengan baik… mhm… mhm…  I love cartoon so much…


Mataram, 2 September 2010.

3 comments:

  1. hey, dirimu juuga penggemar Ranchodas Syamaldas Chanchad? hyahyahya, nice to know you.mau baca novel kuw? dwnload aja di sini yah http://arulchandrana.wordpress.com/2010/10/18/download-gratis-novel-arul-chandrana/ thanks

    ReplyDelete
  2. ini nih salah satu tulisan Wiwin yg saya suka....

    ReplyDelete

Mendongenglah...